Tuesday, January 29, 2013

Paramyxovirus Menyebabkan Gondongan (Mumps)

Perlengkapan Bayi - Online Shop
mall bayi menjual perlengkapan bayi online
Perlengkapan bayi - Kereta Bayi
mall bayi menjual perlengkapan bayi online
Perlengkapan bayi - Mainan Bayi
mall bayi menjual perlengkapan bayi online
Perlengkapan bayi - Baju Bayi
mall bayi menjual perlengkapan bayi online


Paramyxovirus adalah virus yang menyebabkan penyakit infeksi kelenjar ludah. Penyakit ini dikenal dengan "Gondong" atau istilah di luar negeri dikenal dengan nama "Mumps". Penyakit ini dapat menular melalui kontak sentuhan maupun udara (seperti bersin). Jika seseorang terinfeksi gondongan maka dapat menularkan ke orang lain dalam waktu diperkirakan 6 hari sebelum terjadinya dan 9 hari sesudah penyakit mulai sembuh. Sedangkan masa inkubasi adalah (masa hingga gejala timbul) dapat mencapai 14-25 hari.
Gejala yang ditimbulkan berawal dengan demam beberapa hari, kepala pusing, ketegangan otot, kecapaian dan hilang gejala nafsu makan serta gejala pembengkakan kelenjar ludah didekat rahang dan telinga bawah. Gejala yang lazim biasanya nyeri ketika mengunyah atau menelan terutama jika mengkonsumsi jenis citrus seperti jus jeruk. Pada pembengkakan pipi bawah dekat rahang ini jika ditekan maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit.
Biasanya penyakit ini diderita pada anak usia 2-12 tahun. Kebanyakan terjadi di negara-negara berkembang yang masih kurang menjaga kebersihan. Penyebaran terjadi di daerah pemukiman pada penduduk, sekolah, asrama dan tempat penitipan anak. Tempat ini banyak anak berkumpul sehingga penyebaran penyakit cepat menular jika salah satu dari mereka sedang terjangkit penyakit gondong.
Yang patut diperhatikan adalah Penyakit Gondong disembuhkan melalui kekebalan tubuh sendiri, dalam hal ini dapat sembuh dengan sendirinya. Itupun dapat divaksin dengan jenis MMR Vaccine. Biasanya penyembuhan tidak menggunakan antibiotik yang diperlukan untuk penyembuhan gondong ini dengan memperbanyak istirahat, pemberian asupan nutrisi yang bergizi gar kekebalan tubuh meningkat. Sedangkan pemberian obat pereda nyeri dan penurun panas dapat diberikan jika memang membuat tidak nyaman bagi si penderita. Sebaiknya makanan yang diberikan adalah berjenis lunak seperti bubur. Ini dilakukan agar penderita dapat mengurangi rasa sakit ketika mengunyah atau menelan. 
Penanganan yang tidak serius dapat menyebabkan komplikasi berat. Seperti Orkitis (peradangan disalah satu atau kedua testis); Ovoritis (peradangan pada salah satu atau kedua indung telur); Ensefalitis (kerusakan pada otak atau saraf yang permanen); Pankreatitis (peradangan pankreas); Peradangan Ginjal dan Sendi. Untuk pencegahan penyakit gondong, anak-anak biasanya diberikan vaksinasi MMR vaksin. Meski demikian masih dapat terkena dan orang dewasa pun dapat tertular oleh penyakit ini.

(ditulis ulang dan diedit kembali dari http://www.bbmall.com)

No comments:

Post a Comment