Monday, January 28, 2013

Vitamin C, Asem Namun Berguna Sekali


Vitamin C adalah vitamin yang sangat umum diketahui di seluruh dunia. Dari anak-anak sampai orang tua, vitamin ini sangat penting karena melindungi tulang, gigi dan gusi. Obat utama untuk penyakit kudis menyembuhkan dan juga menolak berkembangnya infeksi di tubuh Anda. Tanpa  ada vitamin C memproduksi kolagen maka tidak dapat disintesis dalam tubuh.
Vitamin C juga dikenal sebagai vitamin anti oksidan dimana melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat oksidasi. Vitamin ini juga dibutuhkan untuk memproduksi kolagen (sebagai penyembuhan luka), hormon dan neurotransmitter. Ini berperan besar untuk memerangi infeksi. Viitamin C mudah larut ke dalam unsur air.
Kekurangan Vitamin C terlihat dari lamanya penyembuhan luka, mudah memar, infeksi yang sering terjadi, lemah terhadap pilek, gusi berdarah, sariawan, depresi, hidng mimisan. Kebanyakan kekurangan vitamin C terjadi  karena :
1. Perokok (baik aktif dan pasif)
2. Wanita dengan Preeclampsia, dimana kadar darah rendah
3. Orang yang mempunyai gagal ginjal
Untuk mencegah disarankan makan yang mengandung kaya sumber vitamin C. Makanan mudah ditemukan dari buah yang mengandung citrus (jeruk), tomat, melon, beri,  cabe merah dan hijau, dan brokoli. Pemenuhan kebutuhan vitamin C berbeda-beda pada setiap anak dan orang dewasa. semua tergantung kepada usia dan gaya hidup (makanan, kebiasaan merokok, minum kopi, alkohol, konsumsi obat tertentu.
Ibu hamil jangan mengambil dosis yang berlebihan dari dosis sebesar min 85mg. Kelebihan dosis selama kehamilan dapat menyebabkan gejala defisiensi setelah melahirkan.

No comments:

Post a Comment